Sabtu, 09 Februari 2013

Gingseng Amerika

gingseng amerika
Mungkin Anda sudah familiar dengan ramuan ginseng Asia (biasanya dari Korea) yang bisa menambah tenaga. Nah, selain ginseng Asia, ada pula ginseng Amerika atau Panax quinquefolius, yang baru-baru ini telah dipelajari oleh Mayo Clinic dalam sebuah studi. Studi tersebut menyimpulkan bahwa ginseng Amerika, bila digunakan setiap hari selama dua bulan, dapat mengurangi kelelahan terutama pada pasien kanker payudara yang sedang menjalani pengobatan.

Dalam studi tersebut, peserta diberi 2000 mg akar ginseng Amerika murni dalam kapsul, yang berbeda dari bentuk cairnya yang biasa disebut tincture dan diproses dengan etanol. Walau tincture pada ginseng relatif dikenal, etanol yang menjadi salah satu elemen pemrosesan membuatnya tidak cocok untuk pasien kanker payudara.

Dilansir dari situs empowher.com, penting juga untuk diketahui bahwa ginseng Amerika jauh berbeda dari ginseng Asia, karenanya jangan sampai salah kaprah dalam penggunaannya.


Ginseng Amerika umumnya dijual di konter dan toko-toko suplemen kesehatan. Perlu diketahui pula, bahwa tidak semua kualitas ginseng adalah sama, jadi pastikan juga Anda tahu darimana asalnya ginseng Amerika yang akan Anda konsumsi. Selain itu, mengonsumsi ginseng ini mungkin akan menyebabkan beberapa efek samping seperti insomnia, gelisah, diare dan sakit kepala.

Bahan aktif ginseng Amerika disebut ginsenosides dan dikenal dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh dan kelenjar adrenal, yang bertanggung jawab untuk produksi kortisol serta respon

Saat dikonsumsi, memang pengaruhnya tidak langsung terasa, seperti yang telah ditunjukkan dalam studi Mayo Clinic tersebut. Peserta tidak merasakan perbedaan yang mencolok pada kondisi tubuh mereka setelah empat minggu. Namun, pada minggu ke-8, peserta studi baru merasakan kondisi tubuh yang jauh lebih baik.

Ginseng Amerika juga telah diteliti sebagai ramuan penurun kadar gula darah, karena itu jika Anda mengalami hipoglikemia (penurunan kadar gula darah) setelah mengonsumsinya, Anda sebaiknya memeriksa kadar gula darah Anda secara teratur, atau berkonsultasi pada dokter.

Nah, bagi mereka yang tidak terkena kanker, ginseng pun bisa digunakan untuk mengatasi kelelahan dan stres. Pastikan Anda mengonsumsinya di pagi hari, karena jika dikonsumsi pada malam hari kemungkinan Anda bakal bangun terus lho.

Selain itu, jika belum terjadi efek yang signifikan pada tubuh, coba teruskan mengonsumsinya, karena seperti hasil studi Mayo Clinic diatas, mungkin butuh waktu hingga delapan minggu untuk merasakan kondisi tubuh yang jauh lebih baik.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar